.Awal Mula.

.weheartit.

 

“So many fail because they don’t get started – they don’t go. They don’t overcome inertia. They don’t begin.”

-W. Clement Stone, author-

 

How fast time flies. Rasanya saya belum melakukan apa-apa dan tahu-tahu saja sudah pergantian tahun. 2011 ke 2012.

Di malam pergantian tahun 2012 kemarin, saya bahkan tidak melakukan sesuatu yang berarti. Saya di kamar, menangis terharu — dan bukan karena evaluasi diri — melainkan karena menonton drama seri korea yang super romantis. Rasa-rasanya, tidak ada yang istimewa dengan bergantinya tahun. Saya hanya menikmati saat-saat senggang saya. Melakukan hal-hal santai yang saya sukai, seperti maraton menonton DVD dan membaca novel.

Namun, beberapa hari yang lalu, saya resah. Saya tidur dengan gelisah. Mengalami malam-malam dengan mimpi buruk. Kemudian, bangun dengan perasaan yang resah luar biasa. Saya sedih luar biasa sehingga rasanya ingin menangis keras-keras. Kegagalan terbayang di depan mata saya.

Aneh. Ini sangat aneh. Karena saya bukan tipe orang yang cemas berlarut-larut seperti ini. Saya tipe orang yang selalu memandang hidup dengan optimis. Lalu, mengapa saya luar biasa cemas seperti ini?

Akhirnya, kemarin malam saya merenung. Saya melihat kembali ke belakang. Saya menguraikan semua perasaan cemas saya. Saya mengupas semua masalah yang membuat resah. Dan saya menyadari, bahwa saya memang harus membenahi beberapa urusan yang tertunda. Urusan yang bercokol dalam pikiran saya. Yang menggelayut dan menghantui saya beberapa malam ini.

Saya menyadari satu hal.

Saya hanya harus memulai.

Saya tidak akan menyelesaikan urusan-urusan itu jika saya bahkan tidak memulai mengambil tindakan untuk membereskannya.

Kalau dipikir-pikir lagi, terkadang kita bukannya gagal. Kita hanya belum memulainya. Kita takut memulainya. Bagaimana kita bisa menilai diri kita sendiri gagal jika kita bahkan belum mencobanya, dan takut untuk memulainya?

 

Ya. Mungkin hari ini bukan 1 Januari.

1 Januari sudah lewat sepuluh hari.

Tapi ini merupakan awal mula bagi saya.

Bukankah memulai tidak selalu harus dari tahun baru?

Memulai tidak harus selalu karena alasan tahun baru, umur baru, atau apapun. Memulai tidak selalu harus menunggu alasan-alasan itu muncul.

 

Memulai, bagi saya, bisa setiap hari.

Kapan pun yang saya mau.

 

Dan saya memilih untuk memulai,

sekarang juga.

 

Selamat Tahun Baru 2012!

Selamat memulai!

 

11 Januari 2012,

(hil)

Leave a Reply

